Cara Mudah Daftar Rapid Test Lewat Halodoc


Pandemi corona yang telah menjangkiti hampir seluruh dunia termasuk juga di Indonesia beberapa bulan ke belakang ini tentunya telah membawa beberapa dampak yang cukup besar bagi kehidupan manusia. Dengan cukup cepatnya penyebaran corona ini tentunya menjadikan pemerintah di berbagai negara mengambil berbagai tindakan yang di rasa diperlukan. Salah satu contoh tindakan yang cukup banyak dilakukan adalah dengan menerapkan bekerja dari rumah dan mengurangi kontak dengan orang lain.

Bekerja dari rumah atau wfh sendiri mungkin bisa dibilang sebagai salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan masifnya tingkat penyebaran virus covid 19 penyebab corona ini. Namun tentunya tak semua orang memiliki kesempatan untuk bisa bekerja dari rumah. Ada cukup banyak pekerjaan yang mau tidak mau harus dilakukan dengan cara keluar rumah. Cukup beresiko memang akan tetapi itulah keadaannya.

Resiko ini sebenarnya bisa diminimalisir dengan menerapkan beberapa anjuran yang telah diberikan pemerintah dan lembaga lembaga kesehatan yang ada. Beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meminimalisir tertular atau terpapar corona bagi mereka yang terpaksa harus bekerja ke lura rumah di masa pandemi ini misalnya adalah dengan senantiasa mengenakan masker ataupun face shield ketika beraktivitas ke luar rumah, tetap menjaga jarak dengan orang yang ada di sekitar sehingga tida terkena cipratan ludah atau droplet ketika ada orang yang sedang batuk, bersin atau berbicara, juga yang tak kalah pentingnya adalah dengan mejaga kebersihan diri dengan cara mencuci tangan dengan menggunakan sabun atau bisa juga membersihkan tangan dengan hand sanitizer.

Namun tentunya upaya pencagahan ini tak 100 persen manjur sehingga untuk menghindari rasa was was yang timbul kita bisa melakukan pendeteksian dini apakah kita terpapar virus tersebut ataukah tidak. Untuk melakukan pendeteksian dini ini salah satu cara yang bisa dilakuan adalah dengan melakuan rapid test. Test ini bisa dilakukan dengan menggunakan sampel darah untuk menguji kadar antibodi imunoglobulin. Rapid test ini terdiri dari pemeriksaan IgM dan IgG terhadap SARS CoV-2. Dari rapid test ini akan diketahui apakah anda reaktif atau non reaktif.

Faskes yang menyediakan rapid test ini sekarang sudah cukup banyak. Bahkan untuk beberapa tempat anda bisa memesan atau membuat janji untuk rapid test ini secara online menggunakan aplikasi halodoc. Penggunaan aplikasi halodoc untuk pemesanan rapid test ini memiliki beberapa manfaat diantaranya kita tidak perlu antre, bisa memilih lokasi pelaksanaan rapid test terdekat dari rumah dan lain sebagainya.

Untuk mendaftarkan rapid test lewat halodoc juga cukup mudah. Kita hanya perlu menginstal  aplikasi halodoc dan melakukan hal berikut ini :
  • Buka aplikasi halodoc di smartphone anda lalu pilih menu Test COVID-19
  • Pilih jenis test yang akan dilakukan beserta tempat tesnya. Untuk tempat test ini ada baiknya jika kita memilih rumah sakit atau faskes yang jaraknya tidak terlau jauh dari tempat tinggal kita.
  • Klik buat janji dan tentukan kapan kita akan melakukan test tersebut.
  • Isi form data diri serta upload KTP atau kartu identitas lainnya.
  • Lakukan pembayaran. Oh ya untuk pembayaran rapid test melalui halodoc ini menggunakan gopay.
  • Anda akan menerima sms notifikasi yang isinya berupa konfirmasi jadwal pelaksanaan rapid test beserta tempatnya sesuai dengan pilihan anda. 
Jika pendaftaran melalui halodoc ini sudah berhasil anda tinggal datang ke rumah sakit atau faskes yang ada sesuai jadwal dan melakukan tes. Jangan lupa saat akan melakukan test ini kita harus membawa KTP atau kartu keluarga untuk yang masih di bawah umur. Untuk hasil rapid tesnya sendiri akan keluar dalam waktu satu hari. Hasil rapid test akan dikirim lewat SMS maupun notifikasi di aplikasi halodoc.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Butuh Genset Berkapasitas Tinggi? Temukan Hanya di Sini

Chatroom bagian 2

Easy Ways to Make Butter Cookies