Aplikasi Gaji Berbasis Web untuk Tingkatkan Retensi Karyawan


Penggunaan aplikasi gaji karyawan sebenarnya bukan hanya berfungsi sebagai alat otomasi untuk pengelolaan dan perhitungan gaji. Namun lebih dari itu, aplikasi gaji memiliki dampak yang lebih besar bagi perusahaan salah satunya adalah retensi karyawan.

Retensi Karyawan

Retensi karyawan merupakan upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan karyawan yang sudah ada demi mengurangi tingkat turnover yang tinggi.

Tingkat turnover karyawan yang tinggi bisa jadi kerugian bagi perusahaan. Ada dua pengaruh yang dapat dirasakan perusahaan akibat turnover tinggi yaitu pengaruh langsung dan tidak langsung.

Pengaruh langsung adalah biaya kompensasi, biaya rekrutmen, biaya pelatihan dan kekosongan jabatan selama mencari talent baru. Dalam sebuah penelitian juga menyebutkan biaya turnover bisa 2.5x lipat dari gaji karyawan.

Sedangkan pengaruh tidak langsung adalah adaptasi karyawan baru, menurunnya produktivitas tim yang terdampak dari turnover, atau karyawan baru tidak memiliki kompetensi yang sama dengan karyawan sebelumnya.

Salah satu upaya untuk melakukan retensi karyawan bagi perusahaan adalah dengan meningkatkan employee engagement yaitu lebih melibatkan karyawan sebagai bagian dari keluarga yang turut membangun perusahaan.

Salah satu bentuk employee engagement adalah memberikan fleksibilitas, mengakomodasi setiap kebutuhan karyawan, kompensasi yang sepadan, dan menciptakan transparansi pada karyawan.

Hal-hal tersebut sebenarnya bisa dipermudah dengan menggunakan teknologi pada kegiatan HR perusahaan. Hal tersebut juga ditegaskan dalam whitepaper World Economic Forum di mana salah satu bentuk employee engagement adalah dengan menggunakan teknologi dalam tata kelola HR.

Bentuk teknologi dalam bidang HR adalah software HRIS atau aplikasi gaji karyawan. Seperti namanya, teknologi ini memungkinkan perusahaan bisa mengelola sumber daya manusia yaitu karyawan dengan mudah dan otomatis sekaligus memungkinkan adanya transparansi dan mengakomodasi segala kebutuhan karyawan.

Kemudahan pada Aplikasi Gaji Karyawan (HRIS)

Software HRIS atau aplikasi gaji karyawan memungkinkan Anda melakukan pekerjaan HR jauh lebih mudah.

Aplikasi gaji karyawan HRIS merupakan perangkat yang bisa dimanfaatkan perusahaan tidak hanya untuk menghitung gaji, tetapi juga beserta komponennya seperti data absensi, lembur, kompensasi, potongan, dan juga perpajakan secara otomatis dan terintegrasi.

Selain itu, fitur seperti absensi online, pinjaman karyawan, benefit karyawan, cash advance, pembayaran gaji, serta slip gaji dapat meningkatkan employee engagement yang akan berpengaruh terhadap retensi.

Pengaruh yang diciptakan oleh sistem HRIS terhadap retensi didapatkan dari keunggulan seperti berikut:

Peningkatan Transparansi

Dengan informasi yang tersimpan secara online dan dapat diakses kapanpun, dimanapun oleh karyawan, transparansi akan semakin tegas di antara perusahaan dan karyawan sehingga mempertahankan tingkat loyalitas. 

Hal penting seperti Tunjangan Hari Raya (THR), slip gaji, hingga jatah cuti seringkali luput dari transparansi kepada karyawan di banyak perusahaan. Dengan aplikasi gaji, karyawan bisa mendapatkan slip gaji secara bersamaan dengan gaji yang diterimanya di satu bulan. Selain itu, transparansi memungkinkan karyawan dengan mudah mengajukan komplain kepada perusahaan jika ada kekeliruan.

Dengan menciptakan transparansi dan manajemen komplain yang baik, kemungkinan meningkatnya kepercayaan dan kepuasan kerja karyawan akan semakin meningkat dan memberikan pengaruh signifikan terhadap retensi.

Mempermudah Akses

Aksesibilitas yang cukup mudah melalui media online dan smartphone menjadi salah satu penyebab peningkatan retensi karyawan.

Akses cepat terhadap software slip gaji, perubahan data pribadi hingga memungkinkan cross-function working melalui database perusahaan yang tersimpan di satu media memudahkan proses penerapan remote working yang akan berlangsung secara total segera setelah PSBB diberlakukan kembali.

Dengan kemudahan akses, perusahaan juga bisa menciptakan lingkungan kerja yang fleksibel dan transparan.

Manajemen Benefit dan Kompensasi Karyawan

Benefit dan kompensasi adalah dua hal berbeda. Benefit adalah sesuatu yang diberikan perusahaan di luar gaji dengan tujuan mensejahterakan karyawan. Sedangkan kompensasi adalah sesuatu yang diberikan perusahaan kepada karyawan atas apresiasi pencapaian dalam pekerjaan.

Pemberian benefit dan kompensasi juga berperan dalam meningkatkan employee engagement. Salah satu benefit yang bisa diberikan karyawan misalnya pemberian pulsa internet tiap bulan untuk kebutuhan work from home.

Tanpa aplikasi gaji, perusahaan akan kesulitan untuk mengelola benefit dan kompensasi. Selain itu terdapat juga kemungkinan mengganggu arus kas yang berujung kepada kerugian perusahaan. 

Dengan aplikasi gaji berbasis web yang didukung oleh teknologi HRIS cloud, kerugian tersebut dapat dihindari dan perusahaan dapat mengalokasikan biaya untuk benefit dan kompensasi secara lebih efisien. 

Kesimpulan

Dengan segala kemudahan yang diberikan oleh aplikasi gaji karyawan, Anda bisa melakukan retensi karyawan untuk mencegah tingkat turnover karyawan yang tinggi.

Di masa pandemi terutama, menjaga karyawan terbaik adalah langkah terbaik yang bisa dilakukan

Salah satu aplikasi gaji terbaik yang bisa Anda pilih adalah Talenta. Sebagai software as a service di bidang HR, Talenta memiliki fitur lengkap mulai dari absensi, perhitungan hingga pembayaran gaji.

Temukan fitur terbaik Talenta di situs resmi kami dan konsultasikan masalah HR Anda dengan mengakses free demo di sini!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Butuh Genset Berkapasitas Tinggi? Temukan Hanya di Sini

Easy Ways to Make Butter Cookies

Jenis Jenis Parfum yang Perlu Kamu Ketahui