Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman untuk Memilih Kursus Online dengan Fasilitas Terjamin


 Pendidikan online telah menjadi salah satu isu sentral yang muncul selama kontinjensi kesehatan yang kita alami saat ini. Dalam kasus kursus pembelajaran online, bagaimana kita memastikan kualitasnya sebagai produk pendidikan? Demokratisasi konten telah mempermudah konten pendidikan yang lebih banyak dan lebih baik untuk sampai ke tangan kita, dan volumenya juga meningkat. Jika Anda ingin mengambil mata kuliah yang memiliki standar yang memuaskan, penting untuk mengetahui unsur-unsur yang menyusun mata kuliah unggulan dan yang mungkin melemahkannya. Di bawah ini kami membagikan beberapa pedoman yang harus diikuti untuk mengevaluasi nilai pendidikan kursus online khususnya bahasa Inggris dan bagaimana fasilitas Bahasa Inggris yang baik.

  1. Interaksi dan waktu respons

Indikator pertama kualitas kursus online adalah kemampuannya untuk mengaktifkan komunikasi jarak jauh. Selain bahan ajar dan sesi kelas, kursus online harus memiliki platform dan guru atau mentor untuk memberikan umpan balik yang rinci, baik melalui email, pesan tertulis, pesan suara atau video, dan bahkan obrolan langsung bila diperlukan.

Waktu respons antara guru dan siswa adalah kunci untuk memanfaatkan alat teknologi. Penting untuk menetapkan "jam kerja" untuk memperhatikan pertanyaan dan umpan balik dengan cara yang sama seperti yang akan dilakukan di lembaga pendidikan fisik. Misalnya, rentang waktu untuk menjawab email tentang pertanyaan terkait kelas harus berjam-jam, bukan hari, untuk mempertahankan kecepatan yang cepat dan berguna untuk belajar.

  1. Lembaga dan bahan ajar

Saat mencari kursus Bahasa Inggris online, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa kualitas dan standar institusi atau platform yang menawarkannya. Jika universitas atau penyedia digital memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi, orang dapat lebih yakin bahwa kursus online yang ditawarkan juga berkualitas. Setelah siswa memutuskan institusi atau platform mana yang akan dipilih, dia harus memeriksa bahwa isinya sama dengan yang ditawarkan dalam kursus tradisional tatap muka dan berada pada tingkat konten di universitas atau kurikulum tingkat profesional.

  1. Keunggulan eksklusif model online

Kursus online memberikan fleksibilitas yang membedakan mereka dari pelajaran tatap muka. Platform yang mereka gunakan memungkinkan banyak percakapan pada saat yang sama tentang topik terkait kelas dan meningkatkan kemampuan untuk mengelola dan berbagi konten. Sumber daya ini, dikombinasikan dengan strategi kreatif yang meningkatkan aspek komunikatif kelas dan melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, tidak hanya menghasilkan produk pendidikan yang kompetitif tetapi juga membuka jalur akademik dan pembelajaran baru.



  1. Komunitas online

Dengan tidak adanya interaksi tatap muka dalam kursus online, diperlukan upaya ekstra baik dari guru maupun siswa untuk menciptakan komunitas belajar yang memfasilitasi komunikasi, empati, dan kemauan untuk bekerja dalam tim. Bahkan jika suatu kursus memiliki semua sumber daya teknologi yang ada dan bahan pengajaran yang sangat baik, pengalaman pendidikan tidak akan memuaskan jika orang-orang yang terlibat di dalam kelas tidak melakukan pekerjaan untuk menciptakan rasa kebersamaan dan kerja sama di dalam dan di luar sesi. Salah satu saran untuk mendorong perkembangan komunitas online adalah meluangkan waktu untuk memperkenalkan diri Anda dan berbicara dengan teman sekelas Anda tentang minat yang terkait dengan kelas Anda, serta untuk mempromosikan kerja tim dan diskusi tentang masalah di luar pelajaran.


Popularitas kursus online telah meningkat pesat sebagai respons terhadap krisis kesehatan yang sedang kita hadapi saat ini sebagai cara untuk mengurangi beban psikologis dari isolasi. Meskipun disarankan untuk memanfaatkan kesempatan ini untuk terus belajar, juga perlu mengembangkan kepekaan kritis terhadap produk pendidikan yang kita pilih.




Posting Komentar untuk "Pedoman untuk Memilih Kursus Online dengan Fasilitas Terjamin"