Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Aman dan Nyaman Menginap di Hotel Saat Pandemi


Pandemi covid 19 yang terjadi di dunia termasuk juga di Indonesia sampai saat ini belum juga berakhir. Meski sudah setahun lebih berlalu jumlah penambahan pasien yang positif tiap harinya cenderung terus meningkat.

Terus meningkatnya jumlah orang yang positif covid ini tentunya bukanlah kabar yang bagus terutama bagi kita yang pekerjaan sehari harinya harus keluar rumah. Apalagi untuk kita yang harus bekerja ke luar kota dan menginap di sana.

Pergi dan menginap di luar kota tentu saja memiliki resiko yang cukup besar untuk terpapar virus covid 19 ini. Tapi apa mau dikata jika pekerjaan itu memang sudah menjadi kewajiban yang harus kita laksanakan. Kita hanya tinggal berusaha semaksimal mungkin agar tidak terpapar atau tertular baik saat dalam perjalanan menuju ke daerah tersebut, selama menginap di sana, maupun saat perjalanan kembali ke daerah tempat tinggal kita.

Untuk mencegah penularan baik saat perjalanan pergi maupun pulang kita bisa menggunakan kendaraan pribadi yang relatif tidak terlalu banyak kontak dengan orang lain jika memang perjalanan jaraknya tidak terlalu jauh. Atau menggunakan pesawat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku jika jarak daerah yang kita tuju termasuk jauh jaraknya.

Di samping itu selama di sana kita juga perlu untuk hati hati agar tidak tertular. Beberapa tips di bawah berikut ini mungkin bisa anda terapkan saat anda menginap di hotel di waktu terjadi pandemi seperti sekarang ini.

Pastikan Kondisi Tubuh Fit

Salah satu hal utama yang perlu kita perhatikan ketika bepergian dan menginap di luar kita apalai ketika sedang pandemi seperti sekarang ini adalah kondisi tubuh. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat. Dengan tubuh yang sehat imun tubuh terhadap virus pun menjadi kuat. 

Hindari Menginap di Zona Merah

Sebisa mungkin bagi kita untuk tidak menginap di hotel atau penginapan lain yang masuk ke dalam zona merah. Karena berada di sana akan sangat beresiko tertular. Ada baiknya tunda saja perjalanan ke sana demi keselamatan kita.

Pilih Hotel yang Menerapkan Protokol Kesehatan dan Memenuhi Ketentuan yang Berlaku

Hal selanjutnya yang perlu kita perhatikan adalah dalam memilih hotel atau jenis penginapan lainnya yang akan kita pakai selama berada di sana. Pastikan memilih hotel yang benar benar menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan. Dan jika bisa pilihlah hotel yang sudah bersertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment) dari Kemenparekraf. Dimana hotel yang sudah bersertifikasi CHSE ini adalah hotel hotel yang sudah menerapkan protokol kesehatan seperti ada pemeriksaan suhu tubuh, social distancing, memiliki ruang publik dan ruang kerja dengan sirkulasi udara yang baik, adanya aturan untuk memakai masker atau alat pelindung diri lainnya, serta adanya pengelolaan makanan dan minuman yang bersih dan higienis dan lain sebagainya.

Pilih Tempat Menginap dengan Ruang Publik yang Luas

Agar kita bisa menerapkan social distancing dengan lebih optimal selama berada di dalam penginapan maka sebaiknya memilih penginapan yang memiliki ruang publik berukuran luas. Dengan luasnya ruangan ini akan menghindari terjadinya kerumunan orang orang.

Bawa Peralatan Pribadi yang Memadai

Sangat penting juga bagi kita untuk selalu membawa peralatan yang dibutuhkan semisal masker , hand sanitizer dan yang sejenisnya selama berada di sana. Jika perlu kita juga bisa membawa vitamin dan obat obatan pribadi sendiri.


Posting Komentar untuk "Tips Aman dan Nyaman Menginap di Hotel Saat Pandemi"