Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Menggunakan Cloud Disaster Recovery

Kemampuan mengelola data yang aman, efektif dan efisien merupakan salah satu kunci kesuksesan di era digital seperti sekarang ini. Dan untuk bisa melakukan hal tersebut selain kita perlu meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang ada kita juga perlu menggunakan teknologi yang tepat.

Salah satu teknologi yang bisa digunakan untuk melakukan hal tersebut adalah komputasi awan. Pemanfaatan teknologi komputasi awan atau cloud computing tersebut digunakan untuk berbagai macam keperluan yang terkait dengan data. Beberapa contoh pemanfaatan teknologi cloud computing ini misalnya adalah cloud disaster recovery.

Cloud disaster recovery sendiri bisa diartikan sebagai layanan proteksi sistem, aplikasi, dan data sebelum dan sesudah terjadinya bencana atau gangguan. Sehingga ketika terjadi kegagalan di data center utama, cloud disaster recovery  akan aktif dan mengambil alih fungsionalitasnya sehingga bisnis Anda tetap berjalan dengan efektif dan efisien. Bencana atau gangguan tersebut bisa yang bersifat teknis maupun non teknis. Diantara jenis gangguan yang kemungkinan dialami misalnya adalah downtime, kerusakan infrastruktur, kerugian materi, serangan cyber dan lain sebagainya.

Tentunya agar cloud disaster recovery yang kita pakai ini bisa bekerja dengan optimal saat ada bencana maka kita perlu memilih layanan cloud disaster recovery yang reliabel. Karena saat ini sudah cukup banyak layanan yang bergerak di bidang ini maka kita perlu lebih jeli dalam memilihnya. Pertimbangkan berbagai faktor dalam memilih layanan Cloud DR ini. Selain soal harga tentunya adalah soal reliabilitas serta kecepatan recovery yang bisa dilakukan adalah hal utama yang perlu menjadi bahan pertimbangan.


Di Indonesia sendiri saat ini sudah ada beberapa penyedia  layanan cloud disaster recovery yang cukup direkomendasikan. Salah satu contohnya adalah layanan dari Indonesian Cloud. Mereka memiliki dua jenis layanan cloud disaster recovery yakni Cloud DR with zerto dan Cloud DR with veeam. Kedua layanan tersebut menjanjikan beberapa  keunggulan misalnya saja proses pemulihan data yang cepat, harga yang terjangkau, tingkat keamanan yang cukup tinggi serta fleksibilitas dalam melakukan recovery data.


Layanan Cloud Disaster Recovery with Veeam adalah solusi perlindungan data secara offsite di sebuah server yang berbeda. Ini penting dilakukan agar data Anda terhindar dari kesalahan yang bisa terjadi di server utama Anda — seperti kesalahan sistem maupun pengguna, peretasan, dan risiko kehilangan data lainnya. Cloud – Backup dalam, ke, atau dari cloud Virtual – VMware vSphere, Microsoft Hyper-V dan Nutanix AHV Fisik – Microsoft Windows, Linux and Unix Aplikasi: Microsoft active directory, Microsoft SQL server, Microsoft exchange, Microsoft sharepoint, SAP hana, Oracle, PostgreSQL, MySQL


Posting Komentar untuk "Manfaat Menggunakan Cloud Disaster Recovery "