Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Sistem Keamanan Gedung di Pusat Perbelanjaan saat New Normal?

 

Sejak pandemi, sistem keamanan gedung tidak hanya terkait keamanan dari tindak kejahatan, tetapi juga keamanan dari bakteri maupun virus. Pusat perbelanjaan termasuk area umum yang menyebabkan kerumunan, sehingga perlu diperhatikan keamanannya pada sisi kesehatan.

Didukung perkembangan teknologi, penerapan standar keamanan baru sejak pandemi Covid-19 semakin mudah. Penerapan sistem keamanan yang baru di pusat perbelanjaan berpeluang meningkatkan layanan, dan menjadi lebih kompetitif. 

Dampak Apabila Sistem Keamanan Gedung Kurang Optimal 

Seharusnya, sistem keamanan di sebuah gedung sudah terintegrasi dengan protokol kesehatan dan proteksi terhadap kejahatan. Namun, apabila belum terintegrasi dengan alat-alat berteknologi canggih, maka tentu perlindungan pada orang-orang yang keluar masuk gedung akan kurang maksimal. 

Mulai kriminalitas, kecelakaan yang umumnya kerap terjadi di eskalator maupun lift, hingga terpaparnya virus karena tak ada larangan orang keluar masuk menjadi ancaman. Karena itulah, penting untuk menggunakan sebuah sistem yang cocok untuk melindungi gedung dari berbagai masalah tersebut. 

Penerapan Standar Keamanan di Pusat Perbelanjaan 

Ketika memasuki gedung termasuk pusat perbelanjaan, maka ada sistem keamanan gedung terbaru yang berkaitan dengan penerapan protokol kesehatan. Jadi, pengunjung diwajibkan memakai masker, serta diperiksa suhu tubuhnya menggunakan termometer inframerah atau thermal CCTV camera. 

Ketika memasuki area parkir, Anda tidak perlu menekan tombol di mesin untuk membuka palang, cukup melambaikan tangan pada sensor. Setelah itu, Anda akan memperoleh karcis parkir, touchless button seperti ini sudah banyak diterapkan area parkiran di pusat perbelanjaan. 

Penerapan pembayaran di pusat perbelanjaan dengan metode cashless yang memanfaatkan aplikasi pembayaran pada perangkat smartphone. Hal tersebut juga diterapkan dalam standar keamanan saat ini, untuk mencegah penyebaran virus. 

Ada beberapa cara untuk meningkatkan sistem keamanan gedung pusat perbelanjaan secara maksimal, sebagai berikut. 

  1. Merancang Kembali Sistem Keamanan

Biasanya, gedung mengalami renovasi maupun perbaikan di banyak area sejak didirikan, hal ini menyebabkan desain maupun denah gedung berubah. Karena itu, sistem keamanan harus di upgrade sesuai perubahan, kemungkinan sistem keamanan yang terpasang masih mengikuti desain bangunan lama. 

Contohnya merancang ulang sistem keamanan untuk menyesuaikan perkembangan teknologi pengamanan gedung terbaru. Dalam bentuk pemasangan teknologi thermal detection pada pintu masuk lobi untuk mengukur suhu setiap pengunjung yang datang. 

  1. Mengoptimalisasi Sumber Daya Manusia

Selain menggunakan sistem akses kontrol dengan teknologi touchless, diperlukan juga kecakapan seseorang dalam mengoperasikan alat keamanan. Kemampuan SDM merespon tanda-tanda yang kamera pengawas tunjukan pada sistem kontrol keamanan gedung juga diperlukan. 

Contohnya, salah satu penyebab kebakaran gedung karena kelalaian petugas saat merespon sinyal bahaya yang dipancarkan sistem kontrol. 

  1. Menerapkan SOP Pengamanan secara Disiplin

Bisa jadi kecelakaan maupun pencurian yang terjadi dalam pusat perbelanjaan disebabkan beberapa pihak terlibat kurang disiplin menerapkan SOP pengamanan. Misalnya, pengunjung harus mentaati peraturan tidak diperbolehkannya bersandar pada bahu eskalator, untuk mencegah risiko terjepit. 

  1. Menerapkan Sistem Keamanan Terintegrasi

Adanya kompleksitas sistem keamanan menyebabkan sistem keamanan yang hadir harus terintegrasi. Jika semua sistem keamanan pusat perbelanjaan diintegrasikan seperti CCTV, gerbang otomatis dan pemindai gerak maka pengawasan cenderung lebih mudah. 

Menjaga Sistem Keamanan Gedung dengan HikCentral Enterprise

Keberadaan CCTV untuk menjaga keamanan area gedung merupakan hal yang wajar atau mungkin harus diterapkan. Hal ini demi menjaga keamanan dari hal-hal yang tidak diinginkan. 

Meski terjadi pun, terdapat banyak bukti untuk mengetahui siapa saja yang terlibat di dalam tindak kejahatan tersebut. Untuk memberikan kemudahan Anda dalam menjaga keamanan gedung, kini telah hadir HikCentral Enterprise dengan segala teknologi yang sangat canggih. 

Tentunya menarik perhatian dari HikCentral Enterprise ini, dengan demikian alat ini memberikan berbagai macam teknologi yang canggih. Hal ini sangat berguna untuk membantu sistem keamanan pada gedung Anda. Dengan berbekal teknologi Artificial Intelligence pada seluruh fitur keamanannya. 

Karena pada sistem keamanan gedung besar sangatlah berbeda dengan sistem keamanan pada toko kecil.  Teknologi ini merupakan sebuah ilmu rekayasa untuk membuat mesin cerdas. Oleh karena itu, kecanggihan yang dimiliki pada sistem ini sudah lagi tidak perlu diragukan akan kualitas yang dimiliki. Tentu berbagai fitur yang tersedia sangatlah berbeda dengan jenis CCTV yang lainnya. 

Secara khusus, alat ini memberikan bentuk penawaran sistem keamanan dengan menggunakan pengawasan video. Selain itu, alat ini juga mempunyai sistem alarm dan kontrol akses yang dapat diletakkan pada pintu masuk dan keluar gedung. Hal ini sangatlah menguntungkan Anda untuk menjaga keamanan seluruh aset berharga yang ada di dalam gedung. 

Terdapat fitur khusus untuk mengatur social distancing dengan melakukan deteksi jika ada dua orang atau lebih mengantri dengan jarak yang terlalu dekat. Sangat efektif untuk menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak)

Kesimpulannya, serangkaian sistem ini harus ada di setiap gedung. Selain sistem yang terintegrasi AI dari Hikvision, penting untuk melengkapi gedung dengan thermal CCTV. Teknologi thermal CCTV ini akan menangkap gambar dan mengukurnya suhunya karena dilengkapi teknologi skin temperature measurement. Jadi, pengukuran suhu tubuh dilakukan tanpa kontak fisik dan bisa mencegah penyebaran virus, dengan pengukuran akurasi tinggi. 

Begitu juga dengan penyediaan hand sanitizer, penerapan physical distancing serta mengatur penyemprotan desinfektan pada pusat perbelanjaan secara berkala. Pengelola pusat perbelanjaan juga bisa mencegah penyebaran virus maupun bakteri dengan sistem akses kontrol berteknologi touchless

Posting Komentar untuk "Bagaimana Sistem Keamanan Gedung di Pusat Perbelanjaan saat New Normal?"